Kamis, 09 Mei 2013

Cara Setting Konfigurasi Bios

MathNotes: Cara setting bios - Walaupun sudah banyak blog yang menjelaskan tutorial tentang cara setting bios, tapi disini saya akan menjelaskan dengan lebih mudah agar kawan yang belum tahu bagaimana cara mengatut bios, juga bisa dengan mudah memahami dan menguasai tutorial ini. Sebelum kita melakukan instalasi OS, misalnya Windows 7 pada komputer kita, hal yang perlu diperhatikan adalah langkah booting.
Apakah kita akan menginstal windows 7 dari flashdisk ataukah dari DVD. Jadi kita harus menentukan atau men-setting konfigurasi bios pada komputer atau laptop kita, darimana dan dengan menggunakan apa boot akan dimulai, menggunakan flashdisk atau DVD.

Untuk kawan yang telah menguasai cara ini, anggap saja sedang mengoreksi sebuah tulisan yang kali aja ada yang salah, hehe... Dan untuk kawan yang belum tahu, mari kita belajar bareng bagaimana cara setting bios sebelum kita menginstal windows 7 pada komputer kita. Jadi jika suatu hari kawan ingin menginstal OS baru, kawan tidak perlu lagi menyewa jasa orang lain. Yah... hitung-hitung hemat uang. Atau jika ada orang atau teman kita yang kebetulan membutuhkan bantuan ini, kita bisa menerapkan ilmu ini. Siapa tahu tetangga atau teman kita baik hati dan tidak sombong dan kita diberi imbalan, hehe... (ngarep).

Sebelum memulai pembahasan yang lebih lanjut, yang harus kita ketahui bersama adalah perintah untuk masuk ke sistem bios setiap merk motherboard itu berbeda. Ada yang menggunakan perintah untuk menekan tombol F10, F8, F10, Delete, dan ada juga yang menggunakan perintah tombol ESC.
Untuk lebih jelasnya lihat daftar di bawah ini :
- Merk AMI/Award: [Delete] selama boot
- Merk Toshiba: [Esc] selama boot
- Merk Toshiba, Phoenix, Model terakhir PS/1 Value Point & 330: [F1] selama boot
- Merk Compaq: [F10] Ketika kursor berkedip langsung tekan F10
- Merk Compaq: [F10] ketika tampilan logo muncul
- Merk NEC: [F2] selama boot
- Merk Emachine: [Tab] selama boot
- Merk Dells: tekan tombol reset dua kali
- Merk Komputer lain yang kurang dikenal: [Ctrl]+[Alt] Dell: [Ctrl]+[Alt]+[Enter]
- Merk AST Advantage, Award, Tandon: [Ctrl]+[Alt]+[Esc]
- Merk Zenith, Phoenix: [Ctrl]+[Alt]+[Ins]
- Merk Phoenix: [Ctrl]+[Alt]+[S]
- Merk Olivetti PC Pro: [Ctrl]+[Alt]+[Shift]+ Num Pad [Del]
- Merk Phoenix: [Ctrl]+[S]
- Merk Tandon 386: [Ctrl]+[Shift]+[Esc]
- Merk Hewlett-Packard: [F2]
- Merk Gateway systems menggunakan BIOS Phoenix: [F1]
- Merk Sony Vaio seri 320: [F2] selama boot
- Merk IBM thinkpad: [F1]

Dari daftar di atas, kawan bisa menentukan mana yangsesuai dengan komputer atau laptop kawan. Kebetulan saya menngunakan laptop merk asus dan menggunakan perintah tombol F2. Ok, kita lanjutkan.

Cara Setting Konfigurasi Bios

Berikut ini langkah-langkah untuk men-setting konfigurasi bios :
1. Hidupkan komputer dan tekan tombol pada keyboard yang sesuai dengan daftar di atas untuk masuk ke menu BIOS Setup
2. Masuk ke menu "Boot". Caranya; tekan tombol panah kanan pada keybord sehingga tampilan pada monitor akan seperti di bawah ini

cara setting konfigurasi bios

3. Tekan tombol panah bawah pada keyboard dan pilih submenu "Boot Device Priority" lalu tekan tombol panah kanan pada keyboard untuk menampilkan menu pada boot device priority
4. Pilihlah CD/DVD Drivers menjadi urutan pertama dengan menekan tombol (+) pada keyboard. Jika kawan akan menginstal windows dengan flashdisk, silahkan dilakukan dengan cara yang sama dengan menempatkan removable device menjadi urutan pertama
5. Tekan F10 untuk menyimpan settingan dan akan keluar dari halaman bios secara otomatis
6. Selesai.

Sumber : http://tipsringankomputer.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar